Notification

×

Iklan

Iklan

Tips Fokus Belajar dengan Teknik Pomodoro

Minggu, 30 Juli 2023 | Juli 30, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-06T06:02:57Z

 

Tips Fokus Belajar
Sumber gambar shutterstock.com

Hai Blogger!


Kamu pernah gak sih susah fokus ke pelajaran? Pasti nyebelin banget kan kalau sering kedistraksi gawai atau bahkan hal-hal sepele lainnya. Niat cuma liat notif eh malah lanjut chatan, niat cuma searching eh malah scroll IG. Bahkan terkadang bisa saja belajarnya cuma beberapa menit tapi bermain gawainya bisa sampai berjam-jam. Nah, mimin punya sebuah tips fokus nih, namanya teknik Pomodoro.


Pomodoro adalah sebuah teknik membagi waktu yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1980 oleh Fransisco Cirillo. Teknik ini ia ciptakan semasa kuliah karena susah fokus belajar, teknik yang menggunakan pembagian waktu. Hingga sekarang, teknik ini masih bisa digunakan dan bisa menjadi tips agar fokus belajar. Kamu pasti penasaran kan, berikut cara penerapan teknik Pomodoro.


Baca juga: Meningkatkan Kepercayaan Diri: Mengenal Lebih Dekat "Self Esteem"

1. Singkirkan semua hal yang dapat Mengganggu Fokus

Menggunakan teknik apapun jika tidak bisa menyingkirkan hal yang dapat mengganggu, bisa menjadi hal yang percuma. Contohnya adalah matikan notifikasi semua media sosial kamu, termasuk WhatsApp.

2. Buatlah Perencanaan akan Mengerjakan apa

Sebelum memulai, pastikan kamu sudah membuat rencana akan mempelajari apa, mengerjakan apa, dan buat urutannya. Ini dilakukan agar kamu tidak bingung di tengah kegiatan belajar.

3. Atur Timer selama 25 menit

Kamu bisa menggunakan jam weker ataupun alarm pada gawai kamu. Pastikan kamu mengaturnya dengan benar.

4. Mulai Belajar

Ketika timer dijalankan, kamu harus mulai belajar dengan fokus. Hiraukan apapun yang membuat kamu berpaling dari apa yang kamu kerjakan saat ini selama 25 menit.

5. Berhenti

Ketika timer sudah menunjukan waktu 25 menit, berhentilah walaupun membaca, ataupun mengerjakan soalnya belum selesai, hentikan tanpa ada tambahan atau pengurangan waktu. Beristirahatlah selama 5 menit, untuk istirahat juga tidak ada penambahan atau pengurangan waktu, usahakanlah tepat waktu.

6. Ulangi

Nah, kamu hanya perlu mengulangi hal di atas. Jika sudah mengulang selama 4 kali, kamu bisa menambah jam istirahatnya, antara 15 hingga 30 menit. Begitu seterusnya ketika mengulang 4 kali.


Baca juga: Micro Cheating: Hal Sepele yang Dapat Merusak Hubungan


Sekarang, dengan teknik Pomodoro, kamu bisa lebih fokus dan produktif dalam belajar. Ingat, singkirkan semua hal yang bisa mengganggu fokus, buatlah perencanaan, atur timer selama 25 menit, dan mulailah belajar dengan sungguh-sungguh. Setelah itu, beristirahatlah selama 5 menit, dan ulangi langkah-langkah di atas sebanyak 4 kali. Dengan konsisten menerapkan teknik ini, kamu akan merasakan peningkatan dalam efisiensi belajarmu. Jadi, ayo mulai gunakan teknik Pomodoro dan rasakan manfaatnya dalam mencapai kesuksesan dalam pelajaranmu! Selamat mencoba!


×
Berita Terbaru Update