Notification

×

Iklan

Iklan

5 Tips Mencegah Mabuk Pesawat

Kamis, 13 Juli 2023 | Juli 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-06T06:00:57Z

 

Source Pict: Liputan6.com

Pesawat memiliki waktu tempuh yang terbilang singkat, karena hal ini pesawat sering sekali menjadi pilihan masyarakat untuk bepergian. Mencegah mabuk pesawat adalah hal pertama yang harus dilakukan oleh orang-orang yang belum terbiasa naik pesawat.

Mabuk ketika naik pesawat dapat terjadi akibat beberapa hal, terutama bagi pemula. Namun terkadang tidak hanya pemula, beberapa orang yang sudah sering naik pesawat pun bisa saja mengalami mabuk pesawat.

Jangan salah, mabuk pesawat sangat berbeda dengan mabuk cinta. Mabuk pesawat terjadi akibat indra kita menangkap sinyal atau keadaan sekitar yang terlihat diam, namun sebenarnya tubuh kita sedang melaju, hal ini disebut dengan Motion Sickness. Maka dari itu, sebelum mabuk pesawat terjadi, ada baiknya Anda mencegahnya, berbeda dengan mabuk cinta, biarkan sampai dapat.

Nah, maka dari itu min-Adnan mau kasi tips nih, baca dan simak sampai habis ya. Berikut 5 Tips Mencegah Mabuk Pesawat:

1. Minum obat anti mabuk

Jika Anda tau Anda adalah orang yang tidak terbiasa naik pesawat, sebaiknya Anda mengonsumsi obat anti mabuk untuk mencegah mabuk. Minumlah obat anti mabuk sejam sebelum perjalanan. Jangan menunggu mabuk untuk meminum obat anti mabuk. Namun, obat Anti Mabuk biasanya memiliki efek samping membuat Anda mengantuk.

Baca juga: Teknik Pomodoro: Tips Fokus Belajar

2. Atur posisi duduk

Posisi duduk juga dapat memengaruhi. Posisi duduk menghadap ke belakang atau samping bisa membuat Anda mabuk. Baiknya, Anda duduk menghadap depan dan dekat dengan jendela. Tidak hanya Pesawat, tips ini juga berlaku untuk kendaraan lainnya.

3. Makan permen rasa mint

Sebelum berangkat, ada baiknya Anda membeli permen mint untuk dimakan di dalam pesawat. Tidak hanya mengusir rasa bosan, permen mint bisa mencegah mabuk pesawat.

4. Jangan main HP

Bermain HP memang sangat menyenangkan, terutama ketika Anda bosan di dalam Pesawat. Namun, main HP di dalam kendaraan yang sedang bergerak bisa menimbulkan rasa mual atau bahkan pusing. Hal ini diakibatkan ketika mata kita fokus dengan satu hal, tubuh berusaha menyeimbangkan posisi, hal ini menimbulkan efek ketidak selarasan antara pendengaran dan fokus penglihatan kita. Karena ini tak hanya bermain HP, membaca juga membuat efek mual dan pusing.

Baca juga: Micro Cheating: Hal Sepele yang Dapat Merusak Hubungan

5. Hirup udara aroma terapi

Mual dan pusing bisa diredam dengan aroma yang menenangkan, contohnya seperti Minyak Kayu Putih, Lavender, Lemon, dan sebagainya. Tak hanya untuk mencegah mabuk Pesawat, tips ini juga berguna untuk mabuk di dalam kendaraan lainnya.

 Nah, itulah tips-tips mencegah mual atau mabuk di Pesawat. Sebenarnya, masih ada banyak lagi tips-tips lainnya, namun min-Adnan rangkum 5 tips yang paling ampuh.


×
Berita Terbaru Update